Sabtu, 02 Juli 2011

Plagiarisme Dalam Bermusik

"Plagiarisme dalam bermusik adalah penggunaan atau imitasi yang mirip dengan musik yang dibuat penulis lagu lain dan mengakuinya sebagai hasil karya sendiri. Plagiarisme dalam bermusik sekarang muncul dalam dua konteks, ide musiknya (yaitu, melodi atau motif) maupun sampling (mengambil satu bagian rekaman dan menggunakannya kembali di lagu yang berbeda)". -Mr.Wikipedia.

Plagiarisme ini merupakan momok yang menakutkan bagi para musisi dan pencipta lagu. Bisa merusak reputasi dan menjatuhkan kepercayaan pendengar. L Apakah ada yang namanya kebetulan di dalam bermusik maupun mendapatkan ide bermusik? Apakah Tuhan memberikan ide yang sama dalam kepala para musisi itu?? Entahlah ya. Aku belum berani mati untuk menanyakannya.. J

Tetapi kalau dipikir-pikir, nada-nada dalam musik itu kan cuma 7. Do-re-mi-fa-sol-la-si. Jadi kalo tercipta pola yang sama, kayaknya kemungkinannya juga besar. Karena alasan ini, plagiarisme aksidental atau ”unconscious plagiarism”  dapat terjadi.

Tetapi seperti kata hadist(loh??) “sesungguhnya tiap amalan itu tergantung niatnya”. Lah gimana bisa tau niatnya ya?? Kita tunggu saja ilmuwan-ilmuwan jenius untuk menemukan alat pembaca pikiran dan pembaca kata hati. Jadi aku bisa merayu cewek lebih gampang.. (Oh crap!!)

Demikian postingan yang agak berat kali ini, entar kucari dulu lagu-lagu yang pernah dianggap sebagai aksi plagiarisme. Terimakasih sudah membaca. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar